Strategi Belajar Matematika
Bagi sebagian siswa, belajar matematika sangat membosankan. Hal ini dikarenakan sejak awal mereka telah menganggap matematika sebagai pelajaran yang sangat sulit dan susah.
Ada banyak faktor yang membuat mereka beranggapan matematika sabagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu faktornya adalah cara belajar matematika yang salah dan menyamakan matematika seperti pelajaran lainnya.
Jika pelajaran lain seperti sejarah, ekonomi, geografi atau lain-lain dapat dipelajari secara otodidak, maka lain halnya dengan matematika. Jarang sekali orang yang dapat memahami matematika secara otodidak.
Bagi sebagian siswa, belajar matematika sangat membosankan. Hal ini dikarenakan sejak awal mereka telah menganggap matematika sebagai pelajaran yang sangat sulit dan susah.
Ada banyak faktor yang membuat mereka beranggapan matematika sabagai pelajaran yang sulit dan membosankan. Salah satu faktornya adalah cara belajar matematika yang salah dan menyamakan matematika seperti pelajaran lainnya.
Jika pelajaran lain seperti sejarah, ekonomi, geografi atau lain-lain dapat dipelajari secara otodidak, maka lain halnya dengan matematika. Jarang sekali orang yang dapat memahami matematika secara otodidak.
Andaikan kita tidak masuk pada waktu pelajaran sejarah, maka kita dapat mempelajarinya dirumah secara otodidak dan mendapatkan nilai yang bagus. Tapi jika tidak masuk pada saat pelajaran matematika, maka kita akan kesulitan dalam mempelajari matematika secara otodidak.
Untuk itu, ada beberapa strategi dalam mempelajari matematika. Strategi tersebut adalah :
1. Utamakan memahami daripada hanya mencatat.
Banyak siswa yang mencatat apa yang ada di papan tulis ketika guru menerangkan pelajaran
matematika.
Mereka beranggapan, dengan mencatat apa yang ada di papan mereka telah dapat memahami
Mereka beranggapan, dengan mencatat apa yang ada di papan mereka telah dapat memahami
matematika.
Padahal jika diberi soal, mereka akan kebingungan.
Untuk itu, usahakan kita paham dulu apa yang diterangkan oleh guru matematika. Tentunya
Padahal jika diberi soal, mereka akan kebingungan.
Untuk itu, usahakan kita paham dulu apa yang diterangkan oleh guru matematika. Tentunya
selama guru
menerangkan, kita harus memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru tersebut. Jika ada
menerangkan, kita harus memperhatikan apa yang dijelaskan oleh guru tersebut. Jika ada
bagian yang belum
jelas, segera tanyakan ke guru bersangkutan.
Jika kita telah benar-benar paham apa yang dijelaskan guru tersebut, baru kita catat apa yang
jelas, segera tanyakan ke guru bersangkutan.
Jika kita telah benar-benar paham apa yang dijelaskan guru tersebut, baru kita catat apa yang
perlu dicatat.
Tujuannya untuk mengingat jika ada bagian yang lupa di kemudian hari.
Intinya, jangan memcatat ketika guru matematika menerangkan pelajarannya.
Tujuannya untuk mengingat jika ada bagian yang lupa di kemudian hari.
Intinya, jangan memcatat ketika guru matematika menerangkan pelajarannya.
2. Banyak latihan mengerjakan soal.
Kegiatan ini sangat pokok dalam memahami matematika. Tanpa adanya latihan, maka kita
tidak akan bisa memahami matematika.
Dengan banyak mengerjakan soal-soal, maka pemahaman kita terhadap matematika akan
sangat dalam dan baik. Kita juga dapat mengetahui berbagai macam tipe soal, sehingga jika
menemui berbagai tipe soal, kita akan mampu menyelesaikannya.
Selain itu akan timbul sebuah kebahagiaan jika berhasil menyelesaikan sebuah soal sulit.
Komentar
Posting Komentar