MATEMATIKA AJAIB
Angka 9 bagi saya merupakan angka yang sangat misterius dan kuat. Kekuatan angka 9 ditunjukkan dengan posisinya yang menjadi angka terbesar bilangan satuan. Sedikit misteri angka 9 dapat anda buktikan dengan menysun 3 angka dari 1 - 9 dan urut besar ke kecil (misal 853), Anda harus menyusun urutan angka yang lain jangan sama. Kurangkan angka tersebut (853) dengan kebalikannTahukah ya (358). Hasilnya ……….
Perhatikan hasilnya, saya dapat menebak bahwa angka puluhannya adalah 9 dan angka ratusan ditambah satuan sama dengan 9 juga. Jika semua angka dijumlahlahkan terus hasilnya dibuat satu digit maka hasil akhirnya adalah 9.
Tahukah anda bahwa perkalian 9 dapat dijelaskan dengan teknik pengurangan (baik untuk memotifasi anak kelas 1 SD)
Misalkan 9 x 7 = …
Mencari puluhannya dengan 7 - 1 = 6
Mencari satuannya dengan 10 - 7 = 3
Jadi 9 x 7 = 6 3
Percaya … !! ??
Kerjakan soal berikut
1. 9 x 8 = …
2. 3 x 9 = …
3. 9 x 9 = …
Wooo …wwwooooo keren … anda bisa bermain perkalian dengan sikecil tanpa sikecil stress.
Sekarang kalau soalnya menjadi 99 x 78 = …
Caranya sama …
Jika perkalian 9 membahas perkalian diselesaikan dengan pengurangan maka pada pemahaman perkalian basis 10 agak berbeda. Basis 10 artinya 10 dipakai sebagai acuan misalnya angka 8, dengan acuan/basis 10 maka angka 8 ke 10 kurang 2 ditulis -2. Secara singkat cepat dan padat saya sudah menerangkan perkalian basis 10. Akan lebih mudah dipahami jika langsung latihan.
Lat. 1 :
8 x 7 = …
-2 -3
Kurangkan secara diagonal 8 - 3 = 5 atau 7 - 2 = 5 — hasil ini sebagai puluhan
Kalikan -2 x (-3) = 6 — hasil ini sebagai satuan
Sehingga 8 x 7 = 56
Kerjakan soal berikut dengan basis 10
1. 6 x 8 = …
2. 7 x 6 = …
3. 4 x 9 = …
Perkalian 9
Angka 9 bagi saya merupakan angka yang sangat misterius dan kuat. Kekuatan angka 9 ditunjukkan dengan posisinya yang menjadi angka terbesar bilangan satuan. Sedikit misteri angka 9 dapat anda buktikan dengan menysun 3 angka dari 1 - 9 dan urut besar ke kecil (misal 853), Anda harus menyusun urutan angka yang lain jangan sama. Kurangkan angka tersebut (853) dengan kebalikannTahukah ya (358). Hasilnya ……….
Perhatikan hasilnya, saya dapat menebak bahwa angka puluhannya adalah 9 dan angka ratusan ditambah satuan sama dengan 9 juga. Jika semua angka dijumlahlahkan terus hasilnya dibuat satu digit maka hasil akhirnya adalah 9.
Tahukah anda bahwa perkalian 9 dapat dijelaskan dengan teknik pengurangan (baik untuk memotifasi anak kelas 1 SD)
Misalkan 9 x 7 = …
Mencari puluhannya dengan 7 - 1 = 6
Mencari satuannya dengan 10 - 7 = 3
Jadi 9 x 7 = 6 3
Percaya … !! ??
Kerjakan soal berikut
1. 9 x 8 = …
2. 3 x 9 = …
3. 9 x 9 = …
Wooo …wwwooooo keren … anda bisa bermain perkalian dengan sikecil tanpa sikecil stress.
Sekarang kalau soalnya menjadi 99 x 78 = …
Caranya sama …
Perkalian 10
Jika perkalian 9 membahas perkalian diselesaikan dengan pengurangan maka pada pemahaman perkalian basis 10 agak berbeda. Basis 10 artinya 10 dipakai sebagai acuan misalnya angka 8, dengan acuan/basis 10 maka angka 8 ke 10 kurang 2 ditulis -2. Secara singkat cepat dan padat saya sudah menerangkan perkalian basis 10. Akan lebih mudah dipahami jika langsung latihan.
Lat. 1 :
8 x 7 = …
-2 -3
Kurangkan secara diagonal 8 - 3 = 5 atau 7 - 2 = 5 — hasil ini sebagai puluhan
Kalikan -2 x (-3) = 6 — hasil ini sebagai satuan
Sehingga 8 x 7 = 56
Kerjakan soal berikut dengan basis 10
1. 6 x 8 = …
2. 7 x 6 = …
3. 4 x 9 = …
Perkalian 11 dan Pembagian 11
PERHATIKAN PROSES BERFIKIR INI :
PERKALIAN 11
Perkalian 11 sangat umum diketahui oleh masyarakat dunia
6 2 .5 3 4 .2 1 6. 2 1 3 x 1 1 =…..
Hasilnya dengan mudah didapat 687.876.378.343,
Kalau ada perkalian tentunya ada pembagian. Pembagian bagi sebagian besar anak SD tidak menyenangkan karena harus tahu apakah bilangan yang yang dibagi kelipatan bilangan pembaginya.
Misal 6 7 7 6 : 11 = …… langkah awalnya anda harus tahu dulu apakah 6776 kelipatan 11, jika ya maka lakukan dengan pembagian istimewa 11, jika bukan kelipatannya gunakan pembagian bersisa. Ajarkan pada anak-anak anda kreativitas mengeksplorasi untuk menciptakan seorang penemu.
Didunia ada penemu bola lampu, Pertama kali lampu ditemukan masih sangat sederhana, bahkan jauh dari sempurna dibanding dengan lampu yang sekarang ada. Pertanyaannya siapa penemu bola lampu tersebut. Saya yakin anda pasti akan menjawab Thomas Alfa Edison. Penemu pertama jauh lebih penting (secara historis) ketimbang penyempurna berikutnya.
Prosesnya juga akan sama pada kasus pembagian 11 MagicMathic’s. Proses berfikir yang sangat sederhana, kalau ada perkalian berarti ada pembagian. Kalau ada perkalian 11 berarti ada pola untuk perkalian 111 atau 1111 atau 11111 dst. Silakan mencoba … Gunakan kedua otak kita.
Bagi para orang tua yang menanti matematika untuk anaknya yang masih di TK jangan kawatir, sebentar lagi akan terbit MagicMathic’s Kid.
Komentar
Posting Komentar